Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) “Edukatif Dan Menyenangkan”

  • 0

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) “Edukatif Dan Menyenangkan”

Category : Berita & Karya

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) “Edukatif Dan Menyenangkan”

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Pelajaran 2022-2023 dilaksanakan selama 4 hari  dimulai pada tanggal 18 Juli 2022 dengan kegiatan upacara bendera dan pelepas balon sebagai penanda dimulainya acara Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Setelah upacara bendera, siswa menuju ke Aula SMPIT Al Hidayah Sumenep untuk menerima beberapa materi yaitu:

  • Character Buliding yang disampaikan oleh Kepala Sekolah SMPIT Al Hidayah Sumenep; Ustadzah Rabiatul Adawiyah, S.Si.
  • Tata tertib sekolah yang disampaikan oleh Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan; Ustadzah Raudlatul Makiyah, S.Pd.

Hari ke-2 Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dimulai dengan sholat dhuha bersama di Mushalla Khadijah SMPIT Al Hidayah Sumenep. Setelah sholat dhuha, kakak OSIS berkenalan dengan siswa baru sembari mengisi waktu luang sebelum materi dimulai. Materi yang akan disampaikan pada hari ke-2 yaitu:

  • Segmentasi Al Qur’an yang disampaikan oleh Koordinator Al-Quran; Ustadz Moh. Khoirul Wadud
  • Arti Dan Makna Wawasan Wiyata Mandala, Kesadaran Berbangsa Dan Bernegara yang disampaikan oleh Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum; Ustadz M.Hafidz, S.Pd.

Setelah mendapatkan 2 materi tersebut, siswa baru diajak berkeliling sekolah untuk mengetahui kondisi sekolah sekaligus berkenalan dengan guru dan karyawan SMPIT Al Hidayah Sumenep. Siswa baru dibagi menjadi 7 kelompok dan didampingi oleh kakak OSIS. Setelah menjelajahi sekolah, siswa baru diberi tugas kelompok untuk membuat denah sekolah dari apa yang sudah mereka lihat di kegiatan jelajah sekolah serta membuat biodata guru dan karyawan dari proses berkenalan yang telah mereka lakukan.

Hari ke-3 Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dimulai kembali dengan sholat dhuha bersama di Mushalla Khadijah SMPIT Al Hidayah Sumenep. Setelah sholat dhuha, kakak OSIS memberikan ice breaking sembari mengisi waktu luang sebelum materi dimulai. Materi yang akan disampaikan pada hari ke-3 yaitu:

  • Leadership training yang disampaikan oleh Kak Heru
  • Sukses Olimpiade Dan Pengenalan Ekstra Kurikuler Yang Ada Di Sekolah yang disampaikan oleh Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan; Ustadzah Raudlatul Makiyah, S.Pd. beserta para anggota dari tiap ekstrakulikuler
  • Bahaya Narkotika yang disampaikan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Sumenep.

Hari ke-4 atau Hari terakhir Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dimulai dengan sholat dhuha bersama di Mushalla Khadijah SMPIT Al Hidayah Sumenep. Setelah sholat dhuha, kakak OSIS memberikan ice breaking sembari mengisi waktu luang sebelum materi dimulai. Materi yang akan disampaikan pada hari ke-4 yaitu:

  1. Pembinaan Agama (Thoharoh) yang disampaikan oleh Ustadz Akh. Fauzi, S.Pd.

Setelah siswa baru mendapatkan materi pembinaan agama (thoharoh), siswa diajak untuk berpikir kritis dengan menebak teka-teki yang telah disiapkan oleh panitia. Siswa diminta untuk mencari beberapa clue agar dapat sampai ke garis finish. Alhamdulillah siswa dapat menebak clue yang diberikan panitia dan dapat mencapai garis finish. Ada 3 kelompok yang dapat menebak dengan benar yaitu kelompok 2, 6, dan 7.

Setelah bersenang-senang dengan menebak teka-teki, siswa melanjutkan tugas membuat denah sekolah dan biodata guru dan karyawan kemudian dilanjut dengan menemui guru dan karyawan yang bersangkutan agar lebih mengenal.

Acara terakhir dari kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yaitu penutup. Acara penutupan dengan tilawah, sambutan sekaligus penutupan oleh Kepala Sekolah SMPIT Al Hidayah Sumenep, pemberian hadiah untuk kelompok dan peserta terbaik dan diakhiri oleh Do’a. Kelompok terbaik dimenangkan oleh kelompok 2 dan kelompok 6. Peserta terbaik dimenangkan oleh Faiz Sahrie Ramadhani kelas VII A dan Qurunul Azzahrah kelas VII B.  Kemudian siswa bersama wali kelas masing-masing untuk pembentukan struktur kelas.


Leave a Reply